Home Lifestyle Kisah-kisah Mati Suri, Tetap Bikin Merinding Meski Ada Penjelasan Ilmiahnya

Kisah-kisah Mati Suri, Tetap Bikin Merinding Meski Ada Penjelasan Ilmiahnya

66
0
Kisah-kisah Mati Suri, Tetap Bikin Merinding Meski Ada Penjelasan Ilmiahnya

Jakarta – Kematian merupakan hal mutlak yang akan dialami oleh manusia. Tapi ada saat-saat tertentu bahkan keajaiban yang kadang membuat seseorang diberi kesempatan hidup lagi. Fenomena ini dikenal dengan mati suri atau Near-Death Experience (NDE).

Mereka yang pernah mengalami NDE banyak memiliki cerita yang seakan mustahil. Tapi kejadian dan pengalaman NDE dapat dijelaskan secara ilmiah. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2017 menemukan bahwa setiap pengalaman mendekati kematian biasanya mengikuti ‘pola peristiwa unik’.

Penulis studi, Charlotte Martial dari University of Liege and University Rumah Sakit Liege di Belgia menurut Science Daily, mengatakan temuannya menunjukan pengalaman mendekati kematian mungkin tidak menampilkan semua elemen dan setiap elemen tidak muncul dalam urutan tetap.

Baca juga : Justin Bieber terkena penyakit Lyme

“Sementara pengalaman mendekati kematian mungkin memiliki karakter universal sehingga mereka dapat menunjukkan fitur umum yang cukup untuk dimiliki oleh fenomena yang sama. Namun kami mengamati variabilitas temporal dalam distribusi fitur yang dilaporkan,” jelasnya, dikutip dari Bustle, Minggu (12/1/2020).

Hal ini mungkin menjadi salah satu aspek orang yang mati suri memiliki pengalaman di luar nalar orang biasa. Seperti beberapa kisah orang mati suri berikut ini, dirangkum dari Bustle.

1. Terbangun dari koma
Kisah seseorang mati suri dialami oleh Anita Moorjani yang didiagnosis mengidap limfoma pada 2002. Lalu pada 2016 ia mengalami koma. Ketika ia terbangun, dia menggambarkan apa yang terjadi saat masa komanya.

“Rasanya saya seperti memiliki penglihatan 360 derajat dari seluruh area di sekitar. Tapi tidak hanya di ruangan tempat tubuhku berada, melainkan di luar ruangan juga,” kata Moorjani kepada Today, 2016.

Setelah dia bangun dan berkata dalam waktu empat hari tumornya akan menyusut 70 persen. Dia terus mengatakan kepada semua orang bahwa dia akan baik-baik saja. “Saya tahu ini bukan waktu saya untuk mati,” pungkasnya.

2. Seperti terbang keluar dari tubuh
Kisah mati suri juga dialami oleh Ernest Hemingway saat tertembak peluru para perang dunia pertama. Dia menceritakan pengalamannya dalam surat yang ditujukan pada keluarganya saat dia dievakuasi di Milan dari luka pecahan peluru; tertanggal 18 Oktober 1918. Ia juga menceritakan pada temannya bahwa sebuah bom meledak dan ia meninggal saat itu.

“Aku merasakan jiwaku atau sesuatu keluar langsung dari tubuhku, seakan kau akan menarik saputangan sutra dari saku di salah satu sudut. Itu terbang sekitar dan kemudian kembali dan masuk lagi dan aku tidak mati lagi,” kata Hemingway.

Baca juga : Cuaca dingin bisa membunuh libido?

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here